Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Membentuk Pemimpin Handal Sejak Dini

Written By admin on Saturday, November 26, 2011 | 9:04 PM

Pembentukan jiwa kepemimpinan seyogyanya memang perlu dipersiapkan sedini mungkin. Karena sudah bukan jamannya lagi seorang pemimpin lahir karena keturunan atau sebuah proses yang instan. Jiwa kepimpinan lahir dari sebuah proses panjang dari serangkaian rekayasa yang sistematis. Pemimpim yang lahir bukan dari proses yang alamiah maka bisa dipastikan bahwa kepemimpinanya tidak akam memberi manfaat bagi yang ia pimpin. Akan tetapi justru sebaliknya akan membawa kerusakan. Akan tetapi apabila seorang pemimpin muncul dari sebuah penempaan yang panjang, maka kebaikan akan didapat bagi siapapun yang dipimpin.
Pendidikan kepemimpinan siswa adalah salah satu instrumen yang penting dari bagian proses pembentukan jiwa kepemimpinan siswa sejak dini. Pada fase ini siswa sedang berada pada masa yang paling setrategis sekaligus paling rawan dari perjalanannya mencari dan menemukan jati dirinya. Strategis ataukan rawan tergantung input dan informasi yang ia dapatkan dari lingkungan di luar dirinya.
Oleh sebab itu fase-fase dimana anak sedang mengenyam pendidikan (fase sekolah) adalah waktu yang paling strategis guna penanaman nilai-nilai yang baik pada diri anak termasuk dalam hal ini adalah nilai-nilai kepemimpinan.
Sekolah menjadi lembaga yang urgent dalam memanfaatkan fase tersebut. Oleh karena itu seyogyanya sekolah mengoptimalkan peran yang dimiliki melalui penyelenggarakan berbagai program dalam rangka pembekalan dan pembinaan jiwa kepemimpinan siswa. Melalui program-program ini mudah-mudahan dapat memberikan andil bagi lahirnya pemimpin-pemimpin masa depan yang lebih baik. Pemimpin yang memberi manfaat bagi kemaslahatan umat manusia.
Dalam rangka menjalankan peran fungsinya serta adanya komitmen yang kuat dalam pelaksanaan pendidikan berbasis karakter, SMPIT Ulil Albab Batam menyelenggarakan sebuah program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).
LDKS diikuti oleh 16 siswa-siswi pilihan yang tergabung dalam kepengurusan OSIS SMPIT Ulil Albab Batam, dilaksanakan selama 2 hari, yakni Sabtu-Minggu, 26 - 27 Nopember 2011. Melalui kegiatan ini para calon pemimpin mendapatkan materi-materi dasar seputar kepemimpinan dan organisasi. Semoga melalui acara ini para siswa mendatkan bekal dalam menjalankan amanahny sebagai pengurus OSIS sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggota.


1 comment:

Arya Farar Putra Ramadhan said...

sudah seharusnya dari kecil dibimbing untuk menjadi pemimpin..:D